Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu serta mengembangkan diri. Tidak heran jika setiap orang tua berusaha untuk menyekolahkan anaknya di sekolah terbaik.

Sekolah yang baik tidak hanya memiliki guru yang kompeten tapi juga lingkungan sekolah yang baik.

Keberhasilan setiap anak dalam mengenyam pendidikan dipengaruhi oleh motivasi belajar yang ada dalam diri mereka sendiri.

Banyak hal yang dapat memicu tumbuhnya motivasi belajar yang besar pada anak, seperti dukungan orang tua serta lingkungan sekolah itu sendiri.

Lingkungan sekolah sendiri memiliki banyak makna di dalamnya seperti teman-teman yang ada di sekolah atau orang-orang yang berada disekitar sekolah tersebut serta kondisi lingkungan sekolah yang sebenarnya.

Sekolah dengan kondisi lingkungan yang bersih dan rapih dengan yang kotor tentu akan memberikan pengaruh psikologis yang berbeda kepada siswa dalam belajar.

Untuk itu lingkungan yang bersih, rapih dan menyenangkan tentu akan mendukung motivasi belajar yang tinggi bagi siswa.

Salah satu yang bisa diaplikasikan di sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan yaitu dengan lukisan dinding atau mural.

Mural sekolah memberikan suasana yang “segar” dan membuat suasana di sekolah menjadi tidak monoton.

Mural yang diaplikasikan pada dinding sekolah juga bisa menjadi contoh bagaimana mengekspresikan sebuah seni dalam diri seseorang.

Nah, berikut ini beberapa contoh mural sekolah yang bisa dijadikan inspirasi.

Referensi Mural Sekolah

1. Learn something new today

mural sekolah: Learn something new today

Desain mural yang satu ini terlihat simpel namun mengandung motifasi melalui quotes yang ada di dalam nya.

Dengan background menyerupai buku serta beberapa ikon yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, mural sekolah ini sangat cocok diaplikasikan pada sekolah tingkat dasar maupun Taman Kanak-kanak.

2. Journey to space

mural sekolah: Journey to space

Dinding tidak hanya satu-satunya media yang bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan mural.

Seperti pada gambar di atas, Anda bisa mencoba membuat mural sekolah dengan media loker.

Desain bertema luar angkasa ini mengandung pesan mengenai pemikiran yang luas serta mimpi yang tinggi.

3. Be kind

mural sekolah: Be kind

Salah satu kelebihan mural dalam hal dekorasi tidak hanya menambah kesan estetik saja tapi Anda juga dapat menyelipkan pesan di dalamnya.

Mural quotes misalnya, jika Anda tidak menginginkan desain yang rumit, Anda bisa membuat mural sekolah seperti pada gambar di atas.

Dinding pada sekolah tidak hanya terlihat lebih menarik secara visual tapi juga meaningfull.

4. Honor great leaders

Honor great leaders

Sekolah bukan hanya membuat anak menjadi pintar tapi juga memiliki kepribadian yang baik seperti jiwa kepemimpinan misalnya.

Ajarkan siswa-siswi agar memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi salah satunya dengan mengenalkannya dengan beberapa tokoh pemimpin bangsa.

Melalui mural beberapa tokoh presiden, setiap anak tidak hanya belajar mengenal tokoh besar tapi juga belajar tentang bagaimana strategi beberapa tokoh tersebut dalam memimpin negaranya.

5. Go green

Go green

Kegiatan belajar mengajar memang menguras tenaga dan pikiran. Agar tetap fresh dan semangat, mural bertema floral ini memang sangat cocok untuk diaplikasikan pada dinding sekolah.

Warna hijau dari dedaunan, warna kuning dari bunga serta beberapa kumbang dan kupu-kupu, pemandangan ini begitu menghidupkan ruangan.

Tidak hanya sebatas hiasan dinding yang membuat ruangan menjadi lebih menarik, mural yang satu ini juga mengajarkan untuk “Go Green”.

6. Embrace diversity

Embrace diversity

Banyak tema yang bisa diangkat untuk dijadikan mural yang cocok untuk diaplikasikan di lingkungan sekolah, seperti mural pada gambar di atas.

Mural yang satu ini memiliki tema yang bagus dimana setiap siswa yang berada di lingkungan sekolah ini diajarkan untuk menghormati perbedaan secara tidak langsung.

Perbedaan disini digambarkan dengan siluet manusia dengan berbagai jenis fisik yang berbeda dari mulai tinggi badan, rambut, jenis kelamin.

Penggunaan warna layaknya pelangi membuat mural yang satu ini tetap terlihat menarik.

Agar pesan dari mural ini tersampaikan dengan jelas, tidak hanya melalui gambar tapi juga diselipkan quotes “The beauty of the world lies in the diversity of its people”.

7. Be the nice kid

Be the nice kid

Tak perlu pusing ingin membuat mural apa yang cocok untuk diaplikasikan di sekolah, contoh paling simpelnya seperti gambar di atas.

Anda cukup membuat lukisan dinding berupa kata-kata yang mampu menciptakan kepercayaan diri serta menjadikan pribadi setiap siswa lebih baik lagi.

8. Leave your mark

Leave your mark

Ketika masih anak-anak, rasa ingin tahunya begitu besar. Mereka selalu ingin mencoba hal-hal baru.

Libatkan mereka dalam pembuatan lukisan dinding pada sekolah. Seperti mural pada gambar di atas merupakan konsep mural dengan ide yang sangat cemerlang.

Anak-anak paling suka bermain dengan warna dan menggambar. Hanya dengan melibatkan mereka dengan memberikan cap jempol mereka menggunakan cat warna pada mural sekolah, pasti mereka akan sangat senang.

Desain mural yang simpel ini terlihat begitu menarik berkat cap tangan yang mereka aplikasikan disetiap warna dinding yang kosong.

9. Spark creativity

Spark creativity

“Kreativitas merupakan mata uang universal. Orang kreatif selalu punya tempat di lapangan kerja manapun”.

Berdasarkan kutipan di atas, kreativitas memang salah satu hal yang penting dimiliki setiap individu setelah attitude tentunya.

Anda bisa menggunakan quotes tentang kreativitas sebagai desain mural sekolah.

Seperti mural yang ada pada gambar di atas, dinding batu bata dibalut dengan warna biru serta quotes Albert Einstein tentang kreatifitas menggunakan warna putih.

Desain yang tampak simpel dan tidak bertele-tele membuat orang yang melihatnya tentu akan fokus pada pesan yang disampaikan .

10. Spread your wings

Spread your wings

Salah satu konsep yang sangat cocok untuk dijadikan mural di lingkungan sekolah yaitu mengenai perkembangan diri.

Pada masa sekolah salh satu hal yang dilakukan setiap anak yaitu mencari bakat dalam diri mereka.

Melalui mural seperti pada gambar di atas dapat mendorong siswa untuk mengembangkan dan menunjukkan bakat dalam diri mereka.

Kupu-kupu dipilih menjadi salah satu ikon yang mewakili sebuah dorongan agar seseorang terus berkembang dan mampu mengepakkan sayapnya.

Yang menjadikan mural yang satu ini terlihat lebih unik yaitu dalamsayap kupu-kupu tersebut terdapat beberapa gambar yang mewakili beberapa bidang keahlian.

11. Imagine the future

Imagine the future

Setiap individu memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda. Ada yang berani untuk bermimpi tinggi mengenai masa depannya tapi ada juga yang tidak.

Sekolah merupakan salah satu lembaga dan tempat yang memiliki tanggung jawab salah satunya yaitu mampu menciptakan mental yang tangguh bagi para peserta didiknya termasuk mengenai mimpi masa depan.

Mural yang satu ini cocok sekali diaplikasikan di sekolah untuk memotivasi siswa-siswi untuk bermimpi dan bekerja keras mencapai masa depan yang lebih baik.

12. Be the “I” in kind

Be the “I” in kind

Orang yang baik akan jauh lebih diterima di lingkungan masyarakat daripada orang pintar.

Tujuan utama dari sebuah pendidikan bukan menjadikan anak berpengetahuan luas tapi memiliki attitude yang baik.

Contoh mural di atas menjadi pilihan yang epik. Tidak hanya memberikan nilai estetik dari pemilihan warna pastel dan bunga yang nampak manis dilihat tapi juga menyampaikan pesan yang baik untuk yang melihatnya.

13. Find magic in a book

Find magic in a book

Salah satu tantangan seorang pengajar yaitu membuat anak didiknya kecanduan membaca buku. Karena seperti kita tahu, buku adalah gudangnya ilmu.

Buku merupakan salah satu “alat” penting dalam dunia pendidikan. Seseorang dapat memiliki pengetahuan yang luas ketika dia rajin membaca dan mendengar berbagai informasi.

Mural yang satu ini merupakan salah satu mural berkonsep buku. Melalui mural ini secara tidak langsung memberitahu pentingnya membaca sebuah buku.

Mural ini cocok diaplikasikan baik di ruang kelas, perpustakaan bahkan dinding pada lorong sekolah.

14. Fill their day with music

Fill their day with music

16. Tell them how special they are

Tell them how special they are

Apresiasi merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan agar siswa merasa dihargai akan usahanya selama ini dalam menuntut ilmu.

Tidak hanya memberikan kepuasan dalam batin, sebuah apresiasi atau penghargaan juga membuat mereka semakin semangat.

Nah, referensi mural sekolah kali ini cukup simpel yaitu berisi berbagai kata penyemangat dan betapa berharganya mereka bagi sekolah ini.

17. Brighten the room

Brighten the room

Tidak sedikit sekolah dengan ruang belajar yang memiliki dinding polos dan nampak monoton.

Ruangan yang terlihat monoton tentu akan membuat orang akan mudah bosan.

Buat mural beberapa ikon yang berhubungan dengan peralatan yang ada di ruangan tersebut agar nampak terlihat serasi.

Penggunaan warna yang berfariasi menciptakan kesan semangat dan ceria sehingga mereka yang nampak bosan akan terbantu dan “fresh” kembali setelah melihat warna-warna tersebut.

18. Change your mindset

mural sekolah: Change your mindset

Mindset merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam hidup kita. Karena mindset sangat berpengaruh terhadap perilaku atau tindakan yang akan diambil.

Untuk itu penting sekali membentuk mindset yang baik dalam diri kita. Tanamkan hal-hal positif dalam mindset Anda seperti berbagai hal yang membuat kita pantang menyerah dan melakukan berbagai hal yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Konsep mindset ini bisa diangkat menjadi mural yang menarik utuk diaplikasikan di lingkungan sekolah.

Beritahu siswa-siswi akan pentingnya membentuk mindset yang positif melalui mural ini. Dengan begitu, mereka akan mencoba untuk membentuk mindset yang positif dalam diri mereka dan mendorong mereka untuk selalu melakukan tindakan yang baik saja.

19. Aspire to greatness

Aspire to greatness

Setiap dari kita memiliki kesempatan untuk mengubah dunia. Menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh di dunia.

Setiap orang memiliki potensi untuk memiliki masa depan yang lebih baik. Mampu mencapai segala impian dan cita-cita mereka.

Namun hal tersebut tentu saja berbanding dengan bagaimana kita berusaha keras untuk terus belajar hingga berhasil mencapai goals yang dituju dalam hidup kita. Karena usaha dan keberhasilan merupakan sebab akibat.

Beritahu siswa-siswi Anda bahwa mereka semua mempunyai potensi dan kesempatan untuk menjadi orang-orang besar, mencapai profesi yang mereka inginkan.

Tentu saja tidak hanya bermodal mau tapi juga disertai dengan action, berusaha keras dan belajar dengan giat.

Pesan-pesan di atas bisa Anda sampaikan melalui sebuah mural. Seperti contoh mural di atas, menunjukkan berbagai profesi yang mungkin menjadi impian para peserta didik.

Selipkan juga quotes yang membuat mereka semakin tergerak untuk terus belajar lebih rajin lagi untuk mencapai impian mereka.

20. Paint a timeline

mural sekolah: Paint a timeline

Bagi sebagian orang belajar mengenai sejarah merupakan hal yang cukup rumit dan memusingkan. Banyak tokoh, tahun dan tempat yang harus diingat.

Namun Anda bisa membuat salah satu solusi agar peserta didik Anda mudah mengingat sebuah sejarah, salah satunya yaitu dalam bentuk visual.

Visual akan mudah diingat apalagi jika dilihat berkali-kali jika dibandingkan dengan tulisan atau bacaan dalam sebuah buku.

Anda bisa membuat mural sejarah sebuah negara atau kerajaan. Dengan visual yang menarik tentu saja ini akan menjadi salah satu bentuk inovasi dalam belajar secara tidak langsung.

Selain membuat dinding sekolah tidak monoton tapi juga sekaligus menjadi media edukasi untuk siswa-siswi di sekolah.

21. Enter a world of books

Enter a world of books

“Buku adalah jendela dunia”, mungkin quotes yang satu ini sudah tidak asing lagi. Dari quotes tersebut terselip pesan betapa pentingnya membaca buku.

Karena dengan membaca buku Anda bisa tahu segala hal yang ada di dunia ini. Berbagai jenis ilmu pengetahuan bisa Anda dapatkan lewat membaca buku.

Referensi mural kali ini terlihat seperti dongeng yang berfokus pada buku. Dengan latar pemandangan alam yang indah, terdapat barisan buku dengan berbagai warna.

22. Make it interactive

Make it interactive

Mural sekaligus mading? kenapa tidak. Referensi mural sekolah yang satu ini memang begitu inovatif.

Mural dengan gambar sebuah bus ini menggunakan papan sebagai bagian jendela ata badan mobil.

Papan ini bisa dijadikan mading atau media untuk menempelkan foto berbagai kegiatan sekolah.

Tentu saja papan foto ini menambah mural ini terlihat semakin menarik dan menjadi point of view di ruangan tersebut.

23. Take a reading journey

mural sekolah: Take a reading journey

Jika berbicara mengenai anak-anak, buku favorit bagi mereka salah satunya tidak lain adalah buku cerita atau dongeng.

Dongeng atau cerita mengenai seorang puteri dengan istana atau kastil yang megah tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka.

Konsep negeri dongeng ini bisa diaplikasikan untuk dekorasimural di ruang kelas.

Tidak sekedar dekorasi yang menambah nilai keindahan semata, tentu Anda juga bisa memasukan pesan di dalam mural tersebut.

Seperti mural di atas, Anda bisa mengajarkan mereka untuk membaca petunjuk arah.

24. Let the kids design it

mural sekolah: Let the kids design it

Hasil karya anak-anak tidak sesederhana kelihatannya. Meskipun terkadang bentuknya tidak sesempurnaseperti objek asli yang digambar tapi memiliki arti tersendiri.

Dibalik gambar yang sederhana namun terlihat spesial, terlihat polos dan menggemaskan.

Untuk membuat mural sekolah yang lebih istimewa, ajak semua siswa berpartisipasi menumpahkan ide dan hasil karyanya. Mereka akan merasa bangga dan bahagia tentunya.

Dan untuk implementasi, hubungi mural artist profesional agar mendapaykan hasil dan impact maksimal.

Itu dia beberapa mural atau lukisan dinding yang bisa dijadikan referensi untuk di aplikasikan di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *